- Mesjid Lapeo..

- Mesjid Lapeo..
- Mesjid Imam Lapeo Di Campalagian, Polewali Mandar

Selasa, 04 Januari 2011

- Polewali Mandar

Polewali Mandar merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Barat, berikut sekilas tentang kabupaten polman…
Sulawesi Barat adalah provinsi pengembangan dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dibentuk pada tahun 2004 dengan ibukota Mamuju, terdiri atas Kabupaten Polewali Mandar, Mamasa, Majene, Mamuju, dan Mamuju Utara. Penduduknya terdiri dari suku Mandar, Toraja, Bugis, Jawa, Makassar dan lainnya. Terdapat enam bahasa daerah yang umum digunakan, masing-masing Mandar, Toraja, Bugis, Makasar, Jawa dan Bali. Suku Mandar adalah pelaut-pelaut yang ulung, ketika berlayar mereka bersikap pantang menyerah.
Provinsi ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang bervariasi mulai pertambangan emas, batubara, dan minyak bumi, bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta hasil kehutanan, dan kelautan. Selain kakao, daerah ini juga dikenal sebagai penghasil kopi robusta atau kopi arabika, kelapa, dan cengkeh.
Daya tarik wisata yang berkembang Pantai Manakarra di Kota Mamuju dan Pantai Palippis di Kabupaten Polewali Mandar yang menghadap langsung ke Pulau Kalimantan. Obyek unik di pantai Polewali yang dapat dilihat wisatawan adalah kegiatan pembuatan perahu Sandeq khas masyarakat suku Mandar. Selain itu, terdapat acara tahunan pada saat Maulid Nabi, berupa Pesta Adat Sayyang Pattudu yang merupakan acara untuk bersyukur bagi anak-anak suku Mandar yang telah khatam Al-Quran. Acara ini dilakukan dengan cara arak-arakan berkeliling  menggunakan kuda.
Provinsi ini dapat dicapai melalui empat pelabuhan laut yaitu Belang-belang, Polewali, Majene, dan Mamuju, atau melalui jalan darat dari Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar